Pinjaman Koperasi Lohjinawe dan Tabel Angsuran

Koperasi Lohjinawe merupakan salah satu koperasi simpan pinjam yang telah memiliki beberapa kantor cabang di wilayah Indonesia.

Koperasi ini menawarkan jasa simpan pinjam dimana sistem pengembalian pinjaman dengan cara cicilan atau angsuran dengan berpedoman pada tabel angsuran Koperasi Lohjinawe.

Syarat Pinjaman Koperasi Lohjinawe

Untuk mengajukan pinjaman, baik di bank, multifinance maupun koperasi pasti terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitur. Di bawah ini merupakan syarat-syarat dalam pengajuan pinjaman di Koperasi Lohjinawe.

  1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Terdaftar sebagai anggota Koperasi Lohjinawe.
  3. Telah membayar simpanan pokok dia diawal menjadi anggota koperasi dan simpanan wajib setiap bulannya
  4. Mengisi formulir pengajuan pinjaman dana
  5. Fotokopi KTP suami istri.
  6. Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  7. Fotokopi buku nikah.
  8. Slip gaji yang dikeluarkan kantor tempat bekerja (jika karyawan atau pegawai)
  9. Surat keterangan penghasilan yang dikeluarkan oleh kelurahan (jika wirausaha atau pengusaha).

10. Fotokopi rekening buku tabungan selama tiga bulan terakhir

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Bagi Anda yang berniat mengajukan pinjaman di Koperasi Lohjinawe namun belum mengetahui prosedur pengajuan peminjamannya, mungkin prosedur di bawah ini dapat membantu.

  • Menghubungi kontak marketing koperasi atau langsung datang ke Koperasi Lohjinawe.
  • Apabila belum terdaftar sebagai anggota maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran anggota dan membayar simpanan pokok juga simpanan wajib.
  • Menyampaikan niat untuk mengajukan pinjaman dana kepada customer service. Biasanya peminjaman yang dilakukan oleh anggota baru akan dibatasi nominal peminjamannya. Akan tetapi, jika sudah beberapa kali melakukan peminjaman dan track record baik, limit peminjaman akan dinaikkan oleh koperasi.
  • Konsultasikan mengenai angsuran yang akan Anda bayarkan nantinya. Anda akan ditunjukkan tabel angsuran Koperasi Lohjinawe untuk mengetahui jenis-jenis angsuran yang dapat Anda pilih.
  • Mengajukan pinjaman ke koperasi dengan melampirkan dokumen yang menjadi syarat peminjaman.
  • Menunggu keputusan koperasi mengenai pinjaman yang Anda ajukan.
  • Apabila pinjaman disetujui Anda dapat langsung mencairkan hari itu juga. Akan tetapi hanya 90% dana yang dapat dicairkan, sisanya sebesar 10% akan masuk ke dalam tabungan Anda yang berada di Koperasi Lohjinawe.
  • Setelah pinjaman yang diajukan cair, Anda juga harus bersiap untuk membayar cicilan yang telah Anda sepakati sebelumnya dengan pihak koperasi sesuai dengan tabel angsuran Koperasi Lohjinawe.

Tabel Angsuran Koperasi Lohjinawe

kalkulator simulasi kredit kpr motor mobil dan pinjaman

Tips Pengajuan Kredit Disetujui

Dalam pengajuan pinjaman dana pastinya semua orang menginginkan proposalnya disetujui. Namun pengajuan pinjaman tersebut tidak sembarang disetujui oleh bank, multifinance atau koperasi. Terdapat beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan untuk penentuan. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda agar pinjaman yang diajukan disetujui.

1. Menggunakan agunan yang bernilai

Agunan atau jaminan akan sangat dipertimbangkan dalam pinjaman yang diajukan. Agunan berupa rumah, tanah atau kendaraan bermotor sudah pasti akan bernilai tinggi dan sangat diperhitungkan. Akan tetapi juga harus melihat kondisi agunan yang digunakan. Walaupun agunan berupa kendaraan bermotor tetapi tidak dilengkapi dengan surat-surat dan pajak mati akan bernilai rendah juga.

2. Melengkapi dokumen-dokumen persyaratan

Selain agunan, syarat-syarat peminjaman juga merupakan hal yang penting. Pinjaman yang Anda ajukan tidak akan disetujui bahkan tidak akan dianalisis oleh petugas koperasi. Karena dokumen tersebut merupakan syarat utama yang digunakan sebagai arsip dan administrasi.

Kelebihan dan Kekurangan

• Proses pengajuan pinjaman mudah untuk dilakukan.
• Syarat-syarat pengajuan pinjaman mudah untuk dipenuhi
• Bunga cicilan ringan karena bukan untuk mendapatkan keuntungan melainkan meningkatkan kesejahteraan anggota.
• Tersedia beragam angsuran dalam tabel angsuran Koperasi Lohjinawe yang dapat menjadi pilihan debitur dalam mengangsur.
• Terdapat 10% dari total pinjaman yang dapat menjadi tabungan Anda.
• Setiap anggota koperasi memiliki hak yang sama.
• Daya saing lemah jika dibandingkan dengan bank atau multifinance.
• Nominal pinjaman dibatasi.
• Terkadang terjadi konflik yang timbul karena kepentingan antar anggota.

Mengajukan pinjaman atau berhutang kepada penyedia jasa pinjaman memanglah bukan solusi utama dalam menyelesaikan kebutuhan keuangan yang mendesak. Akan tetapi dapat menjadi salah satu alternatif apabila kondisi benar-benar mendesak.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan