KUR BRI 2020 : Syarat Pengajuan dan Tabel Pinjaman Terbaru

KUR BRI adalah salah satu dari 45 bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2020 dengan tujuan utama menyalurkan dana bantuan usaha mikro terbesar. KUR BRI adalah pilihan terbaik bagi UKM untuk mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan dengan bunga paling rendah sekitar 6% per tahun pada tahun 2020.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, percepat pengembangan UMKM dengan mendukung Undang-Undang Hak Cipta Ketenagakerjaan. Melalui Komite Kebijakan Pendanaan UMKM, pemerintah telah mengubah beberapa pedoman KUR, termasuk mengurangi suku bunga dari 7% menjadi 6% .

Selain mengurangi suku bunga, dana KUR 2020 meningkat menjadi 190 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. Sebagai bank dengan jaringan mikro terbesar di Indonesia, BRI bertujuan untuk mendistribusikan dana KUR 2020 senilai 120 triliun.

Target meningkat sekitar 33 triliun dibandingkan dengan target distribusi tahun sebelumnya, yang ditetapkan sebesar 87 triliun. Stabilitas BRI dalam meningkatkan target penyaluran kredit perdagangan ke 2020 orang tentu bukan tanpa alasan.

Suku bunga turun dari 7% menjadi 6% dan target distribusi KUR BRI untuk tahun sebelumnya terlampaui. Perkuat BBRI dalam meningkatkan target penjualan KUR pada tahun 2020.

5 Keunggulan KUR BRI

Berdasarkan hal tersebut di atas, tujuan BRI untuk menyalurkan kredit komersial kepada individu pada tahun 2020 adalah 63% dari jumlah total 190 triliun.
Infografis kredit bisnis usaha kecil dan mikro.

keunggulan kur bri untuk modal usaha

Selain meningkatkan tujuan BRI dalam menyalurkan kredit kepada individu, ada beberapa manfaat, termasuk tujuh:

1. KUR BRI menjadi penyalur Terbesar di tahun 2020.

Seperti yang kita ketahui di atas, BRI bertujuan untuk mendistribusikan 120 triliun dalam kredit perdagangan untuk orang-orang 2020. Jumlah ini telah meningkat dibandingkan dengan target distribusi tahun sebelumnya, ditetapkan pada 87 triliun .

Secara sederhana, target meningkat sekitar 33 triliun . Jumlah ini cukup tinggi, mengingat saat ini ada 45 agen penjualan KUR 2020.

Dihitung dari total dana KUR yang dialokasikan oleh pemerintah pada tahun 2020, BRI mewakili lebih dari 60% umpan.

Ukuran kuota distribusi atau distribusi BIS tentu memiliki dampak signifikan pada pengiriman dan distribusi. Setidaknya, peluang bagi pelanggan untuk mendapatkan kredit komersial untuk masyarakat melalui Bank BRI akan lebih besar.

Alasannya adalah sebagai berikut: 2019, dengan tujuan menyalurkan dana hanya 87 triliun . BRI dapat mentransfer kredit perusahaan ke lebih dari 3,9 juta peminjam.

Jika target pembayaran ditingkatkan, kita dapat yakin bahwa jumlah penerima KUR juga akan meningkat.

2. Lokasi pengajuan terluas di seluruh Indonesia

Jaringan klien mikro, yang tersebar di seluruh Indonesia, telah menjadi kekuatan pendorong bagi keberhasilan BRI dalam menyalurkan kredit komersial masyarakat.

Ketersediaan unit layanan BRI yang memudahkan pelanggan untuk menerima informasi tentang persyaratan. Anda juga dapat menemukan informasi pengiriman dalam tabel KI BRI pada tabel simulasi.

Hingga saat ini, BRI telah menerima aplikasi kredit komersial untuk perorangan melalui berbagai kantor perwakilan. Dari unit kantor, unit tambahan, teras BRI, hingga teras kapal BRI.

Jumlah ruang penyimpanan yang didistribusikan di Indonesia menawarkan pelanggan kesempatan untuk mengakses informasi secara langsung saat memesan KUR.

Tidak mengherankan, BIS sejauh ini berhasil menjual pinjaman berbunga rendah kepada lebih banyak peminjam daripada bank lain.

3. Syarat Pengajuan Mudah.

Keuntungan BRI menawarkan banyak keuntungan kepada pelanggan. Selain tingkat minat yang rendah, persyaratan dan proses pengajuan sederhana. Persyaratan untuk mengajukan KUR tergantung pada jenis pembiayaan mikro, ritel atau TKI yang diusulkan.

Namun, tidak ada kondisi yang mempengaruhi UMKM selama proses pengiriman KUR. Berikan pelanggan peluang atau peluang untuk mendapatkan persetujuan yang jauh lebih tinggi.
6. Metode pembayaran sederhana

Pembayaran cicilan KUR dapat dilakukan secara fleksibel. Debitur dapat melakukan setoran tunai secara langsung melalui detektor BIS.

Selain itu, pembayaran bulanan juga dapat dilakukan melalui ATM sehingga debitur tidak perlu khawatir antri di kantor layanan.

Kenyamanan metode angsuran tentu menawarkan fleksibilitas kepada peminjam KUR BRI dalam mengangsur pinjaman bulanan.

4. Suku Bunga Fixed 6% Per Tahun

Penurunan suku bunga KUR 6% mulai berlaku pada 1 Januari 2020. Sebagai bank corong untuk KUR 2020, BRI secara otomatis menghitung bunga tahunan 6%.

Dibandingkan dengan penerima KUR pada tahun-tahun sebelumnya, peminjam menerima pinjaman modal kerja dan investasi dengan cicilan yang lebih ringan.

Pada brosur terakhir, Anda akan menemukan tabel tarif KUR BRI 2020 untuk perincian tentang tarif bulanan.

Jika tidak, kapan lagi Anda bisa mendapatkan pinjaman berbunga rendah? Jika Anda tidak mempercayainya, coba bandingkan dengan jenis modal kerja lain dan pinjaman investasi. Bunga KUR jauh lebih murah.

Ini karena pemerintah memberikan suku bunga KUR bersubsidi, sehingga sebagian bunga dibayarkan oleh pemerintah.

5. Pembayaran dimudahkan.

Pembayaran angsuran KUR bisa dilakukan secara fleksibel, dapat dilakukan kapan saja, dan Debitur dapat menyetor langsung ke teller desa terdekat.

Debitur khusus nya petani, peternak mendapatkan keringanan cicilan bulanan. Bisa disetorkan melalui ATM bersama atau ATM link sehingga tidak merepotkan debitur antri ke kantor layanan.

Kemudahan cara pembayaran angsuran tersebut pastinya memberikan keleluasaan bagi debitur KUR BRI dalam mencicil pinjaman tiap bulannya.

Kemudahan pembayaran angsuran sangat memudahkan dan efektif yang hendak mencicil pinjaman KUR BRI tiap bulannya.

Perubahan dam Penyesuaian Kebijakan KUR 2020 yang Lebih Pro Kerakyatan

Kepercayaan pemerintah terhadap UMKM sebagai kontribusi penting bagi perekonomian Indonesia telah menyebabkan perubahan dalam kebijakan KUR yang lebih bagi masyarakat.

Setidaknya ada tiga poin utama dalam mengubah kebijakan KUR 2020, yang akan menjadi angin segar bagi UKM di Indonesia. Laporan dari kur.ekon.go.id, berikut adalah tiga perubahan:

  1. Penurunan suku bunga KUR dari 7% menjadi 6% per tahun akan mulai berlaku pada 1 Januari 2020.
  2. Peningkatan dana KUR 2020 dari 140 triliun menjadi 190 triliun . Peningkatan ini akan terus mencapai 325 triliun hingga 2024.
  3. Batas atas untuk Mikro KUR telah ditingkatkan dari Rp 25 juta per debitur menjadi Rp 50 juta per debitur.

Tiga perubahan pada KUR yang disebutkan di atas adalah hasil dari keputusan Komite Kebijakan Pajak untuk UKM dalam forum rapat koordinasi tanggal 12/11/2019.

Syarat Ketentuan KUR Mikro BRI

Mikro KUR adalah pinjaman modal kerja berbunga rendah untuk modal kerja dan investasi.

Tujuan untuk menerima KUR Mikro tidak lain adalah pengusaha produktif dengan periode minimal 6 bulan.

KUR mikro 2020 ditentukan dengan batas maksimum Rp50 juta per debitur. Berikut ketentuannya :

  • Perorangan atau individu yang memiliki kegiatan produktif dan bermartabat.
  • Usia minimum dari mana perusahaan beroperasi adalah enam bulan.
  • Mereka tidak memiliki pinjaman dari bank lain kecuali untuk barang-barang konsumsi seperti KPR, KKB dan kartu kredit.
  • Isi formulir aplikasi KUR secara lengkap dan akurat.
  • Tambahkan permintaan dokumen dalam bentuk KTP, KK dan Izin Usaha.

Kredit Usaha Kecil Mikro BRI diberikan dengan jangka waktu maksimum 3 tahun sebagai modal kerja dan maksimum 5 tahun sebagai pinjaman investasi.

Suku bunga Mikro KUR adalah 6% per tahun atau mengimbangi suku bunga flat bulanan berdasarkan perhitungan.

Syarat dan Ketentuan KUR Ritel BRI

KUR Ritel diakui sebagai modal kerja dan kredit investasi dan ditujukan untuk pengusaha yang produktif dan menguntungkan.

Jenis Ritel atau KUR Kecil ditentukan dengan batas maksimum Rp 500 juta per debitur. Jangka waktu maksimum KUR untuk pelanggan pribadi adalah 4 tahun sebagai pinjaman modal kerja dan jangka waktu maksimum 5 tahun sebagai pinjaman investasi.

Persyaratan untuk aplikasi KUR BRI Ritel adalah sebagai berikut:

Memiliki bisnis yang produktif layak dibiayai.

Mereka tidak memiliki pinjaman dari bank lain kecuali untuk barang-barang konsumsi seperti KPR, KKB dan kartu kredit.

  • Usia minimum dari mana perusahaan beroperasi adalah enam bulan.
  • Apakah Anda memiliki IUMK (izin untuk usaha mikro dan kecil) atau sertifikat yang dapat menggantikannya?
  • Isi formulir aplikasi KUR secara lengkap dan akurat.
  • Kirim dokumen yang diminta.
  • Penggunaan dana sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Cara Pengajuan KUR BRI

Anda dapat memilih salah satu dari dua metode untuk mengajukan Kredit Komersial BRI, yang merupakan yang paling mudah.

1. Pengajuan Langsung

Anda dapat membuat aplikasi BRI KUR secara langsung dengan pergi ke unit layanan. BRI tidak hanya menerima pengajuan KUR melalui kantor unit, tetapi juga melalui Unit Pendukung, BRI Teras dan Teras Kapal BRI.

Pergi ke kantor layanan terdekat untuk meminta persyaratan dan prosedur pengiriman, termasuk simulasi tabel instalasi BRI KUR 2020

Ketika persyaratan sudah siap, calon debitur dapat segera mengirim KUR BRI dengan mengisi formulir aplikasi secara lengkap dan akurat.

Selain itu, para pejabat akan menganalisis kelayakan komersial dari calon peminjam, termasuk satu melalui investigasi langsung di tempat. Analisis ini menghasilkan penerimaan atau penolakan aplikasi KUR oleh pelanggan.

Jika pesanan diterima, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang ketentuan angsuran bulanan dan proses pembayaran uang KUR ke akun.

2. Lewat Mantri BRI (KUR)

Mantri BRI adalah posisi di Bank BRI. Tugas Anda adalah menemukan calon debitur (termasuk debitur KUR), melaksanakan dan menganalisis dan merekomendasikan mereka.

Mengingat bahwa target distribusi KUR BRI cukup besar, Mantri harus pintar ketika mencari debitor, termasuk promosi / promosi produk yang akan dikirim ke masyarakat luas.

Di era digital, seperti saat ini, banyak dari mereka menawarkan atau melaporkan pengiriman melalui BRI KUR melalui media online.

Anda dapat menghubungi Mantri BRI untuk meminta informasi produk dan mengirim BRI KUR sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk menlanjutkan, kamu dapat melihat dulu tabel pinjaman bank bri terbaru.

Tidak seperti pengiriman langsung, calon debitur juga harus mengisi formulir aplikasi dan memenuhi persyaratan KUR BRI sesuai dengan jenis yang dipilih.

Intinya adalah bahwa Mantri BRI terbatas untuk menerima bola dari pelanggan, sisa proses dan prosedurnya sama dengan untuk pengiriman langsung.

3. Melalui KUR BRI Digital Secara Online

Di tengah-tengah pandemi Covid-19, BRI terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sambil memprioritaskan protokol kesehatan. Salah satu layanannya adalah penyediaan fasilitas pengiriman online BRI KUR melalui situs web www.kur.bri.co.id.

Selain itu, BRI juga berkolaborasi dengan e-commerce utama dan platform naik di Indonesia. Pada fase pertama, BRI bermitra dengan Shopee dan Grab untuk mendistribusikan Kredit Komersial Rakyat kepada penjual MSMC.

BRI juga akan berkolaborasi dengan Tokopedia dan Gojek dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat di masa depan. CEO BRI Sunarso mengatakan dalam pernyataan resminya bahwa distribusi online BRI KUR bertujuan untuk memfasilitasi akses publik ke keuangan.

4. Langkah pengajuan KUR BRI Online sebagai berikut :

  • Kunjungi situs resmi www.kur.bri.co.id.
  • Klim pada tombol “Ajukan Pinjaman KUR” diperuntukan bagi Anda yang mengajukan pinjaman pribadi.
  • Sign up melalui menu “Daftar Sekarang”.
  • Input nama lengkap, email, buatkan password, dan ulangi password sekali lagi.
  • Baca ketentuan layanan dan setujui dengan klik checklist pada kotak yang tersedia.
  • Untuk lanjutkan pendaftaran, klik tombol “Daftar” .
  • Selanjutnya buka inbox email Anda, lalu input kode verifikasi yang diterima dan klik “Submit”.
  • Jangan lupa untuk melengkapi profile pada menu “Profile”.
  • Klik tombol “Ajukan Pinjaman” yang berada di bawah alamat email Anda.
  • Klik “Ya” pada syarat ketentuan.
  • Samakan gambar recaptcha untuk memastikan Anda bukan robot.
  • Klik tombol “Setuju dan Ajukan Pinjaman”.
  • Lengkapi informasi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap, Tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, hingga pekerjaan.
  • Isikan alamat lengkap tempat tinggal sekarang dan alamat sesuai KTP.
  • Masukan email dan nomor telephone.
  • Masukan nama pasangan, NIK pasangan, hingga status kepemilikan rumah tinggal.
  • Harap mengisi informasi usaha mulai dan jenis usaha, kepemilikan, tanggal mulai, penghasilan bersih per bulan, hingga saldo rekening.
  • Lengkapi data ecommerce seperti : jenis usaha, nama toko, hingga nama e-commerce untuk penjualan kemudian pilih “Selanjutnya”.
  • Upload dokumen berupa foto KTP, foto surat keterangan usaha, foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, foto selfie, dan foto toko atau barang usaha. Klik “Selanjutnya”.
  • Lengkapi data nomor pinjaman KUR dan jangka waktu yang di pilih dan klik tombol “Ajukan”.
  • Selesai, pengajuan KUR Anda berhasil.

Mudah dan cepat kan cara pengajuan KUR BRI online lewat www.kur.bri.co.id? Tunggu apa lagi, manfaatkan sebaik-baiknya peluang ini dan semoga usaha Anda sukses selalu.

Guna mempublikasikan dan mempromosikan produk KUR. BRI biasanya menyedikan brosur yang memuat persyaratan dan tabel angsuran KUR BRI.

Tabel Pinjaman Bank BRI Terbaru dan Simulasi Kredit KUR

Dalam rangka publikasi dan mempromosikan produk KUR. Bank BRI biasanya menyedikan brosur yang memuat persyaratan dan tabel angsuran KUR BRI.

kalkulator simulasi kredit kpr motor mobil dan pinjaman

Kiat Sukses Mengajukan KUR di Bank BRI

  • Memilih jenis KUR sesuai kebutuhan.
  • Pastikan dulu bahwa Anda tidak punya pinjaman di bank lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  • Melampirkan dokumen persyaratan terbaru (masih berlaku).
  • Menyertakan agunan tambahan.
  • Bersifat komunikatif terhadap petugas.

Keringanan Cicilan KUR bagi Debitur Terdampak Covid-19

Saat musibah pandemi Covid-19 membuat adanya peraturan pemerintah tentang physical distancing serta PSBB di hampir seluruh wilayah Indonesia yang berdampak besar terhadap keberlangsungan UMKM.

Cuma omzet penjualan UMKM terjun bebas, semua sektor UMKM termasuk sektor usaha produktif dilanda kredit macet akibat Covid-19.

Menghadapi bencana skala nasional bahkan internasional ini Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan banyak kebijakan termasuk mengucurkan stimulus ekonomi.

Kebijakan stimulus tersebut tertuang dalam Permenko Perekonomian No.6 Tahun 2020 tentang perlakuan khusus bagi debitur Kredit Usaha Rakyat Bank BRI yang terpapar Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Permenko sebelumnya dikeluarkan untuk memberikan perlakuan khusus kepada reseptor Covid-19 yang terkena dampak KUR untuk tiga tujuan utama.

  • Yang pertama dikatakan untuk memberikan kemudahan atau bantuan untuk biaya dari KUR atau penerima yang bisnisnya dipengaruhi oleh Covid-19.
  • Kedua adalah menjaga keberlanjutan UMKM di Indonesia, khususnya para penerima pinjaman KUR.
  • Ketiga, ekonomi dan lapangan kerja harus tetap utuh selama pandemi Covid 19.

Permenko Ekonomi No. 6 dari 2020 tidak hanya menerbitkan tujuan posting sebelumnya, tetapi juga memuat beberapa bab, termasuk:

Kebijakan Stimulus Kredit Usaha Rakyak

Implementasi ketentuan KUR khusus yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian pertama kriteria untuk penerima KUR dan calon penerima KUR yang terkena dampak pandemi Covid 19.

Bagian dua dari kondisi khusus KUR untuk penerima manfaat yang terkena pandemi. Dan bagian ketiga berkaitan dengan jaminan untuk KUR. Bagi anda yang dipengaruhi oleh pandemi silahkan melihat tabel pinjaman bank bri terbaru.

Beberapa waktu lalu, sekretaris perusahaan BRI Amam Sukriyanto mengatakan dalam acara resminya bahwa BRI siap untuk menawarkan bantuan dan bantuan kepada para debitur KUR BRI.

Covid-19 khususnya mempengaruhi mereka yang mengalami kesulitan memenuhi kewajiban mereka untuk membayar biaya berdasarkan bisnis mereka.

Bagi Anda yang menginginkan keringanan biaya KUR, Anda dapat menghubungi Manajer Kredit Relationship Manager (RM) secara langsung untuk informasi lebih lanjut.

Selain itu, debitur KUR harus mengisi formulir untuk mengajukan restrukturisasi online.

Untuk debitur yang mengalami kesulitan mengajukan tarif KUR, mereka juga dapat menghubungi kantor manajemen kredit BRI.

Pada pertengahan April, Bank BRI menemukan bahwa mereka telah memberikan bantuan kredit kepada penerima Kredit Bisnis Rakyat. Selain itu, 125.000 debitur dengan nilai kredit 1,9 triliun  dibebaskan.

Apa itu tabel KUR BRI 2020?

Simulasi perhitungan tabel KUR BRI 2020 dapat ditemukan di brosur sebelumnya.

Adakah Pinjaman online KUR BRI?

BRI KUR saat ini dapat diserahkan secara digital atau online sesuai dengan pedoman di atas. Informasi resmi dapat ditemukan di www.kur.bri.co.id.

Bagaimanakah mengajukan permohonan keringanan pembayaran KUR?

Debitur KUR BRI dapat mengajukan keringanan pembayaran dengan dua cara. Pertama-tama hubungi relationship manager (RM) dari manajer kredit dan kemudian lengkapi aplikasi bantuan online untuk BRI KUR. Kedua, dengan pergi ke kantor manajemen kredit BRI.

Berapa persentase bunga pinjaman bisnis rakyat BRI?

Sebagai perubahan dalam kebijakan KUR 2020, suku bunga akan turun dari 7% menjadi 6% yang berlaku dari tahun tersebut.

Kapan distribusi Pinjaman KUR BRI dibuka?

Distribusi KUR BRI biasanya tidak dilakukan pada saat yang sama. Hubungi pusat layanan terdekat untuk mendapatkan informasi resmi ketika BRI KUR dibuka.

Apakah pinjaman KUR BRI bisa digunakan untuk konsumtif?

Tentu bisa, tapi kami mengintrusikan agan dana talangan usaha micro ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha Anda.

You May Also Like